Senin, 07 Juli 2008

Karir Pep Guardiola


Guardiola tiba di FC Barcelona pada akhir Juni 1984 dari klub Gimnàstic Manresa. La Masia, tempat untuk pemain-pemain muda berbakat Barcelona menjadi rumahnya selama beberapa tahun. Pada musim 1990/91, dia dipromosikan ke dalam tim senior setelah Johan Cruyff, pelatih Barcelona saat itu menunjukkan ketertarikan kepada Guardiola yang telah bermain pada klub Barcelona U-18 setahun lebih cepat, dan baru saja diperkenalkan ke dalam tim Barcelona B. Dia bermain pada pada empat pertandingan untuk tim senior pada tahun tersebut.


Tahun 1992 yang Tidak Bisa Dilupakan

Satelah memenangkan La Liga (1991), Guardiola menjadi pemain reguler Barcelona yang pada tahun tersebut dikenal sebagai The Dream Team dan klub yang telah menjuarai La Liga dan Liga Champion.
Guardiola mengakhiri tahun 1992 yang fantastik dengan sebuah medali emas pada Olimpiade Barcelona.

Lebih Banyak Gelar di Bawah Asuhan Robson dan Van Gaal

Robson datang menggantikan Johan Cruyff yang di anggap gagal menambah gelar bagi Barcelona. Bagi Guardiola dan Jose Mari Bakero, ini adalah kali pertama bagi mereka bermain di bawah asuhan pelatih yang berbeda di dalam karir mereka. Guardiola diangkat menjadi kapten tim pada musim 1996/97 dan dalam tiga musim di bawah asuhan Robson dan Van Gaal, Barcelona dua kali menjuarai gelar La Liga, dua gelar Copa del Reys, satu gelar Piala Winners, dan masing-masing satu gelar Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa, sebuah rekor yang menakjubkan bagi Guardiola.

“Selamat Tinggal Barca”

Musim 2000/01 adalah musim terakhir Josep Guardiola bersama El Barça, pertandingan terakhirnya adalah semi final piala liga melawan Celta di Camp Nou. Pelatih Barcelona kala itu, Llorenç Serra Ferrer dan penggantinya, Carles Rexach, adalah dua pelatih terakhirnya.

Guardiola kemudian pindah ke Italy, bermain dalam dua periode yang berbeda untuk Brescia, dan juga bermain untuk Roma di bawah asuhan Fabio Capello. Karir sepakbola Guardiola berakhir di Liga Qatar musim 2003-2005 dan Liga Mexico musim 2005-2006, bersama dengan Juanma Lillo.

Guardiola Dalam Angka

384 : Jumlah total pertandingan yang dimainkan bersama Barcelona.
10 : Jumlah gol yang dicetak dalam sebelas musim bersama tim senior Barcelona.

Tidak ada komentar: